Identitas Hacker Bjorka Terungkap ?

KABAR SATU - Nasional | Identitas hacker Bjorka yang sempat membuat gempar Indonesia mulai terkuak. Bahkan Bjorka sendiri yang secara pelan-pelan mengukap identitas pribadinya.

Dia sempat mengaku sebagai warga Warsawa, Polandia, dan kini mengklaim berjenis kelamin perempuan. “if you’re wondering who i am, i’m a girl currently living in Poland. i’m sure a lot of people think i’m a man, right? LOL,” kicaunya di kanal Telegram Bjorkanism, akhir pekan lalu. (Jika Anda penasaran siapa saya, saya seorang gadis yang kini tinggal di Polandia. Saya yakin banyak orang yang menduga saya seorang pria, iya kan?, red)

Pada awal kemunculannya, Bjorka, via akun Twitter-nya yang kini sudah terblokir, mengaku sebagai warga Warsawa, Polandia. Ia ‘mengacak-acak’ Indonesia karena terinspirasi dari seorang kawan yang kini sudah meninggal yang merupakan korban politik 1965.

Kini, Bjorka juga mengungkap bahwa dirinya bukanlah kelompok, seperti lazimnya hacker saat ini, sebut saja Anonymous. “bjorka isn’t a group either, i’m just a girl hiding behind a computer. you should have noticed tha because I always use ‘i’, ‘me’, ‘i am’, not ‘we’ or ‘us’,” tuturnya. (Bjorka juga bukan grup, saya hanya seorang gadis yang bersembunyi di balik komputer. Anda seharusnya ngeh karena saya selalu memakai “saya”, “saya”, “saya”, bukan “kita” atau “kita”. sampai jumpa lagi dengan sesuatu yang besar pasti) Ia juga mengatakan tengah bersiap untuk mengungkap sesuatu yang besar. “see u again with something big for sure,” ucapnya.

Sebelumnya, Menko Polhukam Mahfud MD menilai Bjorka tak memiliki kemampuan tinggi dalam meretas.

Beberapa pihak juga menyoroti kualitas bocoran datanya yang masih berkutat pada data pribadi berupa Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor telepon, hingga data vaksin. “Lha kok malah membuka background dan jati dirinya? Kan jadi ketahuan motif sampeyan, tidak murni leaking tapi ada unsur perlawanan pada politik orba,” kicau Pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi, di akun Twitter-nya, 11 September.

Penelusuran BSSN Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Hinsa Siburian menyampaikan persepsinya tentang Bjorka. “Siapapun bisa jadi Bjorka, tinggal istilahnya ya gunakan akun baru, dia buat nama dia Bjorka,” kata Hinsa. Dugaan Hinsa, yang mengoperasikan akun Twitter Bjorka bukanlah satu orang.

Ia menyebutkan, bisa saja sekelompok orang yang tidak kenal satu sama lain di dunia nyata. “Bjorka-bjorka ini sepertinya sekelompok orang, mungkin ada yang mengorganisir ada di belakangnya, kemudian walaupun ketangkap satu akan muncul (lagi) dan sebagainya,” ujarnya.

BSSN bersama lembaga terkait masih terus melakukan pengusutan tentang Bjorka. Ia pun mengakui, untuk mengungkap secara gamblang kejahatan siber butuh waktu yang tidak sedikit. “Memang tidak semudah menangkap penjahat ataupun orang di dunia nyata,” tuturnya.(Selular.ID)