Bencana Alam Terjang Bogor Lagi Usai Hari Raya Idul Fitri

KABAR SATU | Bogor - Usai Lebaran, hujan deras disertai angin kencang dan suara kilat bergemuruh yang bersahutan kembali menyapa wilayah Kabupaten Bogor, Senin (24/4/2023) sore.

Dampaknya, terjadi Banjir dan Pohon Tumbang pada hari Senin, 24 April 2023 pukul 18.20 WIB. Tim Reaksi Cepat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (TRC BPBD) langsung bertindak. 

Kejadian pohon tumbang yang berlokasi di Kampung Setu Cigudeg Rt, 003 Rw, 02 Desa Cigudeg, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Hasil kaji cepat BPBD Kabupaten Bogor di lapangan menyebutkan kronologis kejadian ketika hujan deras disertai angin kencang terjadi pohon tumbang, dan menimpa 2 (dua) ruko dan menutup jalan raya Cigudeg.

Akibat kejadian tersebut, kedua Ruko tersebut mengalami Rusak Berat (RB). Ruko milik Firman dan Eka pun didatangi warga yang geger mendengar adanya pohon berukuran cukup besar yang tumbang menimpa ruko tersebut.

Upaya TRC BPBD Kabupaten Bogor langsung melakukan koordinasi dengan aparatur setempat. Tak hanya itu, TRC yang bertugas pun melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) Kebencanaan dan evakuasi.

BPBD Kabupaten Bogor juga melakukan kaji cepat dan analisa di lokasi bencana, serta memberikan edukasi Kebencanaan dan imbauan

Pada hari yang sama, dan waktu yang hampir bersamaan telah terjadi Banjir pada hari Senin, 24 April 2023 pukul 18.00 WIB yang berlokasi di: Kampung Paku Rt 01,02,03,04,05,06 Rw 004/003 Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor. 

Kronologis Kejadian: Disebabkan Hujan intensitas deras yang cukup lama, sehingga mengakibatkan kali ci nanggung meluap memasuki pemukiman warga.

BPBD Kabupaten Bogor melalui kaji cepat dilapangan memperkirakan dampak hasil kaji cepat : 200 unit rumah terdampak (200 KK/700 Jiwa). TRC BPBD Kabupaten Bogor segera melakukan koordinasi dengan aparatur setempat 2. Melakukan tindakan sesuai standar operasional prosedur (SOP) Kebencanaan, evakuasi serta melakukan kaji cepat dan analisa di lokasi bencana.

Pihaknya juga memberikan Edukasi Kebencanaan dan imbauan meskipun situasi dan kondisi mulai mereda dan Air sudah mulai surut, Namun, masih dibutuhkan penanganan lebih lanjut dari pihak terkait.

Mengutip Beritabogor.co.id "Kabid Tarik BPBD Kabupaten Bogor, Aris NJ, melalui pesan singkat membenarkan pada sore hari terjadi hujan cukup deras di wilayah Kabupaten Bogor. "Kami siaga 24 jam untuk penanggulangan kebencanaan. Namun demikian, warga di daerah rawan bencana di imbau untuk waspada terhadap kemungkinan yang tak terduga," tutupnya.[]