Kebakaran Hutan Kanada Merembet ke Perbatasan AS, Warga di Dua Kota Dievakuasi

Kebakaran hutan Eagle Bluffs merembet ke perbatasan negara bagian Washington di AS dan memicu pengumuman perintah evakuasi di Osoyoos, British Columbia, Kanada, Minggu, 30 Juli 2023. (Foto: Jesse Winter/Reuters)

INTERNASIONAL | Perintah evakuasi untuk Kota Osoyoos di Kanada dan distrik sekitarnya di Provinsi British Columbia, di Kanada barat, dikeluarkan pada Sabtu (29/7) malam karena kebakaran hutan semakin tidak terkendali.

Kebakaran hutan kini telah melintasi perbatasan negara bagian Washington, Amerika Serikat (AS).

Osoyoos dan distrik regional Okanagan-Similkameen mengeluarkan peringatan itu dengan alasan adanya "potensi bahaya bagi nyawa dan kesehatan."

Menurut Dinas Kebakaran Hutan British Columbia, kebakaran hutan – yang disebut Eagle Bluff – berjarak sekitar empat kilometer dari Osoyoos dan saat ini diperkirakan telah melalap hutan seluas 885 hektare di sisi perbatasan Kanada. Sementara luas kebakaran hutan di sisi Amerika mencapai 2.000 hektare.

Seorang warga tampak mengendarai sepeda di pinggir Danau Michigan saat pusat Kota Chicago diselimuti oleh asap dari kebakaran hutan di Kanada, pada 27 Juni 2023. (Foto: AP/Kiichiro Sato)

Menurut situs web pengembangan ekonomi Osoyoos, kota itu berpenduduk sekitar 6.700 jiwa.

"Ada personel tim Initial Attack, beberapa personel individu, dua helikopter, personel perlindungan bangunan, dan alat berat yang menanggapi insiden tersebut," kata Dinas Kebakaran Hutan British Columbia hari Minggu (30/7).

Perintah evakuasi itu mencakup wilayah di utara perbatasan Kanada-Amerika hingga persimpangan Highway 97 dan Highway 3, serta barat dan utara di sepanjang Highway 3. [em/rd]

Editor: Ayahdidien sck