Francesco Bagnaia Gagal Menjadi Juara MotoGP Qatar 2023, Namun Kian Menjauh dari Jorge Martin di klasemen

KABAR SATU | QATAR -- Hasil balapan MotoGP Qatar 2023 di Sirkuit Lusail, Senin (20/11) dini hari, membuat peta klasemen MotoGP 2023 berubah dengan terciptanya jarak signifikan antara Francesco Bagnaia dan Jorge Martin.

Bagnaia dan Martin tak meraih gelar juara di Qatar. Fabio Di Giannantonio yang mencatatkan sejarah dalam karier balapan MotoGP setelah menyalip Bagnaia pada lap ke-18.

Bagnaia tak bisa membalas aksi Di Giannantonio dan malah sempat nyaris celaka ketika berusaha menyalip rekan satu negaranya itu.

Menempati posisi kedua di MotoGP Qatar 2023 cukup aman bagi Bagnaia karena Martin tampil buruk. Sejak start Martin mengalami kesulitan bersaing dengan pembalap-pembalap lain.

Rider tim Prima Pramac Ducati itu tak bisa bangkit. Alih-alih melewati pembalap lain, malah Martin yang disalip berkali-kali dan harus finis di posisi ke-10.

Jika setelah sprint race MotoGP Qatar jarak antara Bagnaia dan Martin hanya tujuh poin, maka setelah full race tercipta jarak 21 poin di antara kedua pembalap tersebut.

Kendati demikian gelar juara belum bisa dipastikan jatuh ke tangan Bagnaia karena masih ada satu seri tersisa pada akhir pekan mendatang di MotoGP Valencia.

Dengan 37 poin maksimal yang tersedia dari sprint race dan full race, Martin masih punya peluang menyalip Bagnaia di 'tikungan akhir'.

Sementara Marco Bezzecchi tampak bakal tak tergoyahkan dari peringkat ketiga hingga akhir musim ini. Tambahan tiga poin membuat pembalap VR46 itu mengoleksi 326 poin.

Brad Binder pun tak mungkin tergeser dari peringkat keempat. Atlet balap asal Afrika Selatan itu mengantongi 268 poin, unggul 64 poin atas Johann Zarco.

Sedangkan posisi lima besar masih bisa berubah karena Zarco, Aleix Espargaro, Luca Marini, dan Maverick Vinales memiliki jarak poin yang tak terlalu jauh.

Klasemen MotoGP 2023:
1. Francesco Bagnaia 437 poin
2. Jorge Martin 416 poin
3. Marco Bezzecchi 326 poin
4. Brad Binder 268 poin
5. Johann Zarco 204 poin
6. Aleix Espargaro 198 poin
7. Luca Marini 194 poin
8. Maverick Vinales 192 poin
9. Fabio Quartararo 167 poin
10. Alex Marquez 165 poin