Peduli Lingkungan, KKN-PPM Kelompok 52 Lakukan Penanaman Apotek Hidup


SAWANG, ACEH UTARA | KABAR SATU - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran dan Pengabdian Masyarakat (KKN-PPM) Universitas Malikussaleh Kelompok 52 melakukan kegiatan penanaman Apotek hidup di desa Lhok Kuyun, Sawang, Aceh utara. 

Adapun tujuan penanaman Apotek hidup adalah sebagai pemanfaatan lahan untuk ditanami berbagai jenis tanaman yang berkhasiat dan bermanfaat seperti Jahe, Kunyit, daun sare, dan lainnya.

ketua kelompok 52 Mhd.Rafi Al-Ghifari berpendapat bahwa pembuatan tanaman toga memiliki banyak sekali manfaat, tidak hanyaa untuk pengobatan tetapi juga bisa di gunakan untuk warga sekitar jika ada yg membutuhkannya 

“Tanaman apotek hidup ini di harapkan bisa tumbuh dengan baik dan memberikan manfaat yg baik bagi warga desa lhok kuyun. ada banyak contoh tanaman apotek hidup yang dapat ditanam di pekarangan rumah seperti kunyit, jahe, serai, lengkuas, kencur, lidah buaya, dan daun peusijuk. karena tanaman ini memiliki banyak manfaat mulai dari obat sakit demam, untuk ramu ramuan, dan sebagai bahan masakan".

Sementara itu, Fuadi selaku Keuchik mengatakan bahwa apotek hidup ini sangat berguna untuk warga sekitar. "semoga dengan adanya tanaman apotek hidup ini bisa membantu warga sekitar yg membutuhkan tanaman tersebut dan bisa dipakai secara bersama sama oleh warga desa lhok kuyun”. (*)